Informasi

IMG-BLOG
27 Mei, 2019

Kerjasama dengan DJP Kalselteng, Tax Centre di Universitas Terbuka Banjarmasin Resmi Dibuka

Mariana | 27 Mei 2019

Universitas Terbuka (UT) Banjarmasin bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalselteng, telah meresmikan Tax Centre UT Banjarmasin, Kamis (23/5/2019).

 

Pemotongan pita dilakukan Kepala Kanwil DJP Kalselteng, Cucu Supriatna sebagai simbolis upacara pembukaan Tax Centre, didampingi Direktur UT Banjarmasin, Ir Edward Zubir beserta petinggi lainnya.

 

Dalam kesempatan itu, Cucu Supriatna menuturkan, adanya Tax Centre ini diharapkan mampu memberikan edukasi atau pendidikan kepada masyarakat mengenai pajak itu sendiri beserta kewajibannya.

 

"Meningkatnya pengetahuan mengenai pajak dapat meningkatkan kepatuhan untuk membayar pajak. Di Kalsel tingkat kepatuhan nya masih 48 persen. Dari populasi penduduk di Kalsel yang berjumlah hampir 3 juta baru 100.000 orang yang terdaftar, harapannya bisa melebihi 50 persen atau bisa lebih signifikan lagi," ucap Cucu kepada Banjarmasinpost.co.id.

 

Sementara itu, Ir Edward Zubir menuturkan, program jangka pendek yang akan dilaksanakan yakni masih berkaitan sesuai dengan ruang lingkup Tax Centre, diantaranya memberikan Pelatihan kepada mahasiswa terkait pajak.

 

"Bagi mahasiswa yang ingin praktek akan difasilitasi, karena di UT Banjarmasin ada Prodi Perpajakan, kemungkinan kami juga libatkan dari DJP kalselteng untuk pengabdian masyarakat," jelasnya.

 

Pengabdian masyarakat tersebut yakni memberikan pemahaman atau sosialisasi kepada masyarakat mengenai pajak, karena selama ini menurutnya masyarakat kurang punya akses terhadap pajak.

 

"Masih banyak yang belum mengetahui fungsi dari pajak, pajak yang dibayarkan itu dibelanjakan untuk apa masyarakat masih banyak yang belum memahami. ke depannya semoga bisa diakses melalui situs tentang fungsi-fungsi pajak, dan juga sosialisasi dari Tax Centre sendiri bisa lebih diperluas," imbuh Edward.

 

UT Banjarmasin menjadi satu di antara tiga UT yang memiliki Tax Centre, dari 39 UT yang ada di 34 provinsi di Indonesia.

 

Di saat yang bersamaan, UT Batam juga telah resmi membuka Tax Centre, setelah sebelumnya UT Surabaya sudah lebih dulu meresmikannya.

 

Dalam acara presmian Tax Centre UT Banjarmasin, turut dihadiri jajaran civitas akademika UT Banjarmasin, jajaran petinggi DJP Kalselteng, dan sejumlah mahasiswa dari berbagai macam prodi di UT Banjarmasin.