Informasi

IMG-BLOG
01 Feb, 2020

UNIVERSITAS TERBUKA GELAR TES MASUK UNTUK CALON MAHASISWA S3 DI UT BANJARMASIN

Trya Sa'atuzzamani | 01 Februari 2020
Universitas Terbuka (UT) melaksanakan ujian tes masuk Program Doktoral (S-3) untuk Program Studi Administrasi Publik dan Manajemen Administrasi Publik di Kantor UT Banjarmasin yang beralamatkan di Jl. Sultan Adam No 128 Banjarmasin. Tes masuk ini diselenggarakan pada Hari Sabtu Minggu, 1 2 Februari 2020 pukul 08.00 WITA, dengan jumlah peserta sebanyak 7 orang.

Adapun pelaksanaan ujian tes masuk ini dibagi menjadi 2 (dua) sesi, sesi pertama yaitu Tes Potensi Dasar Akademik/TPAD, TOEP (Test of English Proficiency) dan Tes Substansi (sesuai program yang dipilih), peserta diberikan waktu sebanyak 120 menit untuk menyelesaikan setiap tes. Ketiganya diselenggarakan pada hari pertama dan dilanjutkan sesi kedua pada hari berikutnya, Minggu 2 Februari 2020 yaitu Tes Wawancara, masing masing peserta akan diwawancarai selama 45 menit secara langsung oleh Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UT, Dr. Zainur Hidayah, S.Pi, M.M dan Direktur UT Banjarmasin, Ir. Mochamad Priono, M.Si. Hasil ujian tes masuk Program Doktoral UT ini akan diumumkan pada hari Senin, 3 Februari 2020 sesuai kalender akademik UT.

UT telah mengantongi izin dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk membuka Program Doktoral (S3) pada tanggal 4 September 2019 bertepatan dengan hari jadi UT yaitu Dies Natalis ke 35. Program S3 UT ini merupakan jawaban dari banyaknya permintaan masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikannya tapi terbatas waktunya karena tuntutan pekerjaan. Atas dasar itulah UT membuka Program Doktoral secara online, sehingga memudahkan para pekerja bias tetap kuliah tanpa harus meninggalkan rutinitasnya.

UT juga diamanatkan oleh Kemenristekdikti untuk mengembangkan mata kuliah nasional. Sejauh ini ada 20 mata kuliah nasional yang akan diberikan lewat pendidikan jarak jauh dan bias dinikmati oleh mahasiswa dari perguruan tinggi konvensional yang sudah bekerja sama dengan UT. Mata kuliah nasional ini akan dikelola oleh Indonesia Cyber Education (ICE) dan nantinya 20 mata kuliah ini bisa diambil oleh seluruh mahasiswa.