Selamat datang di web Universitas Terbuka Banjarmasin
× BERANDA TENTANG UT BANJARMASIN PROFIL UT BANJARMASIN Profil Pimpinan UT Banjarmasin Profil Tenaga Akademik UT Banjarmasin Profil Tenaga Administrasi UT Banjarmasin Sejarah Visi & Misi Rencana Strategis Struktur Organisasi UT Banjarmasin Dalam Angka Mitra UT Banjarmasin SISTEM PENDIDIKAN Registrasi Pembelajaran Evaluasi Hasil Belajar Kelulusan JAMINAN KUALITAS Akreditasi BAN-PT Sertifikat ISO Sertifikat Kualitas ICDE BIAYA PENDIDIKAN KATALOG FORMULIR LAYANAN INFORMASI PENELITIAN & ABDIMAS PUSAT KARIR ALUMNI CONTACT CENTER AKADEMIK FKIP FMIPA FEKON FHISIP PASCASARJANA PROGRAM SERTIFIKAT UT ONLINE KALENDER AKADEMIK LAYANAN BELAJAR ONLINE Perpustakaan Digital Tutorial Online Praktikum-Drylab Latihan Mandiri SUAKA UT Guru Pintar Online Pengayaan Mata Kuliah MOOCS UT-Radio UT-TV REGISTRASI ONLINE UPLOAD KARYA ILMIAH TOKO BUKU ONLINE NILAI MATA KULIAH VERIFIKASI IJAZAH LAMAN TUTOR TTM

Mahasiswa Baru UT di UPBJJ-UT Banjarmasin Ikuti Acara OSMB

Mahasiswa Baru UT di UPBJJ-UT Banjarmasin Ikuti Acara OSMB

Pada masa registrasi 2017/20182 ini, UPBJJ-UT Banjarmasin merekrut mahasiswa baru sebanyak 175 mahasiswa baru dari berbagai program Diploma dan Sarjana FISIP, FE, FMPA, dan FKIP (Non PGSD & PGPAUD). Seusai dengan tradisi akademik yang berlaku di UT, di awal masa pendidikan, mereka “diwajibkan” mengikuti kegiatan kemahasiswaan berupa Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB).

OSMB dilaksanakan di satu tempat, yaitu di kantor UPBJJ UT Banjarmasin. OSMB di Banjarmasin dilaksanakan tanggal 11 Februari 2018. Kegiatan OSMB yang dilaksanakan mulai pukul 08.30 hingga 14.00 wita diikuti oleh mahasiswa baru Universitas Terbuka dengan tujuan agar mereka: 1. mengenal dan memahami lingkungan UPBJJ - UT dan UT sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya; 2 menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UPBJJ - UT secara maksimal; 3. mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri di UT serta mematuhi dan melaksanakan norma - norma yang berlaku di UT, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa; 4. menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan UPBJJ - UT yang nyaman, tertib, dan dinamis; dan 5. menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Acara secara resmi dibuka oleh Kepala UPBJJ-UT Banjarmasin, Ir. Edward Zubir, MM. Kepala UPBJJ-UT Banjarmasin dalam sambutannya menegaskan bahwa kesertaan setiap mahasiswa baru dalam OSMB adalah wajib, agar setiap mahasiswa baru mengenal sistem pendidikan tinggi jarak jauh yang diterapkan di Universitas Terbuka. Pada kesempatan itu pula Bapak Edward menyajikan materi tentang ke -UT-an dan Pendidikan Jarak Jauh, Konsep PTJJ, Operasional UT sebagai PTJJ. Selanjutnya UPBJJ-UT Banjarmasin memasukkan testimoni salah mahasiswa yang melakukan kuliah fully online bernama Rizky Alam, ybs merupaka freelancer Desain Grafis yang sudah ternama di Banjarmasin yang bernama”Alam Creative” yang tidak asing dikalangan Propinsi Kalimantan Selatan. Pada terstimoninya dia hanya berpesan bahwa “komitmen, pintar mengatur waktu dan Giat”.

Materi Belajar Mandiri, Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar; Registrasi dan Ujian; Kegiatan Kemahasiswaan; dan Layanan Online. Materi-materi tersebut disajikan Andi Suci Anita, SP., MP (Penanggung Jawab BBLBA); Yuli Triana, SE., MM; dan Agung Budoyo, S. Kom (Kasubag Tata USaha). Yang spesifik pada OSMB kali ini adalah, sajian materi dan praktik terkait Tutorial Online (Tuton) dan Aplikasi Bahan Ajar Digital (BA digital ). Materi ini secara khusus disiapkan dan ditawarkan UT serta menjadi kegiatan yang cukup menarik dan baru bagi mahasiswa UT. Melalui sajian dan praktik BA-Digital ini diharapkan setiap mahasiswa Pendas dapat mengakses dan mengunduh secara gratis layanan BA-Digital serta menyimpannya di dalam mobile phone (HP) masing-masing melalui Google Play Store. Jika setiap mahasiswa sudah memiliki BA-Digital di HP-Android masing-masing, mereka akan dapat membukanya kapan saja dan dimana saja tanpa membutuhkan koneksi internet (akses offline), karena secara substantif isi atau konten BA-Digital tersebut sama dengan BA-Cetak (Modul).

Diakhir sajian materi, acara dilanjutkan dengan sesi penambilan dari mahasiwa UT Banjarmasin yang mengajak mahasiswa baru untuk ikut kegiatan kemahasiswaan. Kepala UT-UPBJJ Banjarmasin menutup secara resmi kegiatan OSMB di Banjarmasin.