Selamat datang di web Universitas Terbuka Banjarmasin
× BERANDA TENTANG UT BANJARMASIN PROFIL UT BANJARMASIN Profil Pimpinan UT Banjarmasin Profil Tenaga Akademik UT Banjarmasin Profil Tenaga Administrasi UT Banjarmasin Sejarah Visi & Misi Rencana Strategis Struktur Organisasi UT Banjarmasin Dalam Angka Mitra UT Banjarmasin SISTEM PENDIDIKAN Registrasi Pembelajaran Evaluasi Hasil Belajar Kelulusan JAMINAN KUALITAS Akreditasi BAN-PT Sertifikat ISO Sertifikat Kualitas ICDE BIAYA PENDIDIKAN KATALOG FORMULIR LAYANAN INFORMASI PENELITIAN & ABDIMAS PUSAT KARIR ALUMNI CONTACT CENTER AKADEMIK FKIP FMIPA FEKON FHISIP PASCASARJANA PROGRAM SERTIFIKAT UT ONLINE KALENDER AKADEMIK LAYANAN BELAJAR ONLINE Perpustakaan Digital Tutorial Online Praktikum-Drylab Latihan Mandiri SUAKA UT Guru Pintar Online Pengayaan Mata Kuliah MOOCS UT-Radio UT-TV REGISTRASI ONLINE UPLOAD KARYA ILMIAH TOKO BUKU ONLINE NILAI MATA KULIAH VERIFIKASI IJAZAH LAMAN TUTOR TUTORIAL TATAP MUKA
× BERANDA TENTANG UT BANJARMASIN PROFIL UT BANJARMASIN Profil Pimpinan UT Banjarmasin Profil Tenaga Akademik UT Banjarmasin Profil Tenaga Administrasi UT Banjarmasin Sejarah Visi & Misi Rencana Strategis Struktur Organisasi UT Banjarmasin Dalam Angka Mitra UT Banjarmasin SISTEM PENDIDIKAN Registrasi Pembelajaran Evaluasi Hasil Belajar Kelulusan JAMINAN KUALITAS Akreditasi BAN-PT Sertifikat ISO Sertifikat Kualitas ICDE BIAYA PENDIDIKAN KATALOG FORMULIR LAYANAN INFORMASI PENELITIAN & ABDIMAS PUSAT KARIR ALUMNI CONTACT CENTER AKADEMIK FKIP FMIPA FEKON FHISIP PASCASARJANA PROGRAM SERTIFIKAT UT ONLINE KALENDER AKADEMIK LAYANAN BELAJAR ONLINE Perpustakaan Digital Tutorial Online Praktikum-Drylab Latihan Mandiri SUAKA UT Guru Pintar Online Pengayaan Mata Kuliah MOOCS UT-Radio UT-TV REGISTRASI ONLINE UPLOAD KARYA ILMIAH TOKO BUKU ONLINE NILAI MATA KULIAH VERIFIKASI IJAZAH LAMAN TUTOR TTM

Pelaksanaan OSMB PGSD dan PGPAUD di UNIVERSITAS TERBUKA Banjarmasin

Pelaksanaan OSMB PGSD dan PGPAUD di UNIVERSITAS TERBUKA Banjarmasin

Pada masa registrasi 2017/20182 ini, UT Banjarmasin merekrut mahasiswa baru sebanyak 814 terrdiri dari 594 mahasiswa Program Studi PGSD dan 220 Mahasiswa Program Studi PGPAUD. Sesuai dengan tradisi akademik yang berlaku di UT, di awal masa pendidikan, mereka “diwajibkan” mengikuti kegiatan kemahasiswaan berupa Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB).

OSMB dilaksanakan di Empat tempat, yaitu di kantor UT Banjarmasin, SKB Kab. Hulu Sungai SELatan, SKB Kab. Balangan dan Aula SMA Negeri 1 Simpang Empat Batulicin di Kab. Tanah Bumbu. OSMB di Banjarmasin dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 17 Maret 2018, Kab. Hulu Sungai Selatan, Kab. Balangan dan Kab. Tanah Bumbu yang dilaksanakan pada hari minggu 18 Maret 2018. Kegiatan OSMB yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga 15.30 wita diikuti oleh mahasiswa baru Universitas Terbuka dengan tujuan agar mereka: 1. mengenal dan memahami lingkungan UPBJJ - UT dan UT sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya; 2 menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UPBJJ - UT secara maksimal; 3. mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri di UT serta mematuhi dan melaksanakan norma - norma yang berlaku di UT, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa; 4. menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan UPBJJ - UT yang nyaman, tertib, dan dinamis; dan 5. menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kepala UT Banjarmasin , Ir. Edward Zubir, MM . membuka kegiatan ini secara resmi dan menyampaikan tentang status UT dan pesan untuk menjadi pembelajar mandiri. Selain itu, Kepala UT Banjarmasin juga memberikan informasi mengenai sistem belajar jarak jauh, sistem registrasi, tutorial, kegiatan kemahasiswaan, serta bagaimana menumbuhkan dan memelihara motivasi belajar di UT hingga dapat lulus tepat waktu.

Pada kegiatan OSMB dikantor UT Banjarmasin kali ini agak berbeda karena kedatangan tamu istemewa yaitu Bapak Tubagus Wahyudi penulis buku “The Secreat of Pubic Speaking”. Kepada mahasiswa beliau berpesan bahwa tidak usah ragu menjadi mahasiswa Universitas Terbuka, karena Universitas Terbuka salah satu Universitas yang luar biasa yang pernah di kenalnya. Dalam hal belajar Mandiri beliau berpesan bahwa harus bahagia dalam menjalani tutorial karena itu merupakan pilihan sehingga harus dijalankan dengan senang hati tanpa syarat apapun.

Beberapa pengurus mengikuti kegiatan OSMB ini, di Kantor UT Banjarmasin dihadiri oleh Alidin, S. Pd dan Muhammad Baihaki, SE. Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dihadiri oleh Eddy Rakhmat, S. Pd., MM, Haniah, S. IP dan Supian, S. Pd. Kabupaten Tanah Bumbu dihadiri oleh Ali, S. Pd, H. Hairani, S. Pd dan M. Husni, S. Sos. Terakhir kab. Balangan dihadiri oleh Pengurus Pokjar bernama Asnawi, S. Pd.

Kegiatan OSMB ini di Kantor UT Banjarmasin dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dari Kab. Barito Kuala, Sumarji, S. Pd., M. AP, Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Drs. Muhammad Sarwani, SE, MM. Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dihadiri oleh sekertaris Dinas Pendidikan, Naparin, M. Pd. Kabupaten Balangan dihadiri oleh Kabid Pembinaan dan Ketenagaan Kerja Disdik Drs. Muh. Kamal Sahwil, MM dan Kab. Tanah Bumbu dihadiri oleh Sekertaris Dinas Pendidikan, Drs. Abdul Latif. Tanpa disengaja hampir semua motivasi dari Dinas Pendidikan mengatakan bahwa mahasiswa UT harus semangat karena ada kesempatan untuk menjadi PNS.

Pada acara OSMB ini, selain diberikan informasi dan pengetahuan mengenai beragam hal tentang ke-UT-an dan sistem belajarnya, mahasiswa baru juga dikenalkan dengan website UT, Tutorial Online, Perpustakaan Digital serta melihat langsung bagaimana cara mengaksesnya dan penggunaannya, setelah pelaksanaan OSMB.