Selamat datang di web Universitas Terbuka Banjarmasin
× BERANDA TENTANG UT BANJARMASIN PROFIL UT BANJARMASIN Profil Pimpinan UT Banjarmasin Profil Tenaga Akademik UT Banjarmasin Profil Tenaga Administrasi UT Banjarmasin Sejarah Visi & Misi Rencana Strategis Struktur Organisasi UT Banjarmasin Dalam Angka Mitra UT Banjarmasin SISTEM PENDIDIKAN Registrasi Pembelajaran Evaluasi Hasil Belajar Kelulusan JAMINAN KUALITAS Akreditasi BAN-PT Sertifikat ISO Sertifikat Kualitas ICDE BIAYA PENDIDIKAN KATALOG FORMULIR LAYANAN INFORMASI PENELITIAN & ABDIMAS PUSAT KARIR ALUMNI CONTACT CENTER AKADEMIK FKIP FMIPA FEKON FHISIP PASCASARJANA PROGRAM SERTIFIKAT UT ONLINE KALENDER AKADEMIK LAYANAN BELAJAR ONLINE Perpustakaan Digital Tutorial Online Praktikum-Drylab Latihan Mandiri SUAKA UT Guru Pintar Online Pengayaan Mata Kuliah MOOCS UT-Radio UT-TV REGISTRASI ONLINE UPLOAD KARYA ILMIAH TOKO BUKU ONLINE NILAI MATA KULIAH VERIFIKASI IJAZAH LAMAN TUTOR TTM

Pelatihan Tutor 2018 Best Western Kindai Hotel Banjarmasin 22-25 Pebruari 2018

Pelatihan Tutor 2018 Best Western Kindai Hotel Banjarmasin 22-25 Pebruari 2018

Saatnya tutor untuk mempersiapkan rencana pembelajarannya menghadapi pelaksanaan Tutorial Tatap Muka (TTM ) yang akan diselenggarakan mulai tgl 02-04 Pebruari s.d. 20-22 April 2018.

Pelatihan Tutor yang mengambil tema “ Meningkatkan Kewibawaan Akademik melalui Pelatihan Tutor TTM yang berkualitas” dilaksanakan di Best Western Kindai Hotel Banjarmasin 22-25 Pebruari 2018 dengan jumlah peserta yang diundang sebanyak 60 orang tutor FHISIP, FE, FMIPA dan FKIP. Dalam pelaksanaannya, kegiatan dimulai dari jam 08.00 – 21.00 dan untuk menjaga keefektifan kegiatan, peserta dibagi menjadi 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 30 orang tutor.

Secara resmi acara dibuka oleh Kepala UPBJJ-UT Banjarmasin, Bapak Ir. Edward Zubir, MM. Kemudian dalam sambutannya, beliau menegaskan perbedaan tutorial dengan perkuliahan, dimana mahasiswa UT sepatutnya sudah belajar dari rumah sebelum masuk ke dalam kelas TTM, ibarat gelas yang telah terisi ½ atau ¾ gelas, hingga setelah difasilitasi bertambah atau berisi penuh. Lain halnya dengan mahasiswa yang kuliah pada perguruan tinggi konvensional.

Pelatihan tutor menuntut peserta untuk menyelesaikan produk akademik sesuai mata kuliah yang tercantum pada surat tugas dan mempresentasikan TTM pada Praktik Tutorial Mini dengan durasi 20 menit per orang termasuk refleksi, komentar pengamat dan feedback dari fasilitator. Sebelumnya, peserta dibagi ke dalam kelompok kecil yang terdiri dari 10 orang tutor yang didampingi oleh fasilitator. Produk dikembangkan sesuai dengan kreativitas tutor, namun tetap mengacu pada format ISO yang telah ditentukan.

Berikut produk pelatihan yang wajib diselesaikan adalah :
1. Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT) utuh
2. Satuan Acara Tutorial (SAT) 8 pertemuan
3. Kisi-Kisi Tugas utorial
4. Tugas Tutorial 1,2, dan 3.
5. Pedoman Penskoran Tugas Tutorial 1,2, dan 3
6. Bahan Presentasi pada praktek Tutorial Mini

Beberapa Materi yang di sajikan untuk mendukung produk akademik pelatihan yang melibatkan dosen-dosen UPBJJ-UT Banjarmasin sebagai instruktur antara lain :
1. Penjelasan Umum TTM dan Pelatihan Tutor
2. Konsep Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
3. Konsep dan Prinsip Belajar Mandiri
4. Strategi Belajar Mandiri dan Prakteknya
5. Kit Tutorial
6. Pengembangan RAT dan SAT
7. Perencanaan Tugas Tutorial (Kisi-Kisi Tugas)
8. Tugas Tutorial
9. Pembelajaran Aktif dalam Tutorial
10. Keterampilan Dasar Tutorial
11. Ragam Metode Pembelajaran
12. Prinsip Pengembangan Bahan Presentasi dan Pemanfaatan Ragam Sumber Belajar dalam Pembelajaran

Diakhir kegiatan, Penutupan secara resmin kegiatan pelatihan tutor 25 Pebruari 2018 jam 12.30 WITA oleh Kepala UPBJJ-UT Banjarmasin diwakili oleh Penanggungjawab Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar, Ibu Andi Suci Anita, S.P.,M.P. dengan menegaskan petunjuk kerja tutor di lokasi TTM mulai dari persiapan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan TTM dan beberapa kesepakatan antara Tutor dan UT Banjarmasin.