0511-4315675

Home » info kegiatan » Pelatihan Tutor UPBJJ-UT Banjarmasin di Hotel Rattan Inn

Pelatihan Tutor UPBJJ-UT Banjarmasin di Hotel Rattan Inn

Pada tanggal 19 s.d. 21 Agustus 2016, UPBJJ-UT Banjarmasin mengadakan kegiatan Pelatihan Tutor Program Sarjana FEKON, FISIP, FMIPA dan FKIP Masa Ujian 20162 bertempat di Hotel Rattan Inn Banjarmasin dan Kantor UPBJJ-UT Banjarmasin. Kegiatan ini mengambil tema tentang “Peningkatan Kualitas Tutor yang Profesional dan Berkarakter”. Kegiatan pelatihan tutor ini berlangsung selama 3 hari sebanyak 30 orang peserta yang terdiri dari 7 orang dari Kota Banjarmasin, 6 orang dari Rantau Kabupaten Tapin, 1  orang dari Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, 6 orang dari Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah, 2 orang dari Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara, 3 orang dari Paringin Kabupaten Balangan, 3 orang dari Tamban Kabupaten Barito Kuala, 1 orang dari Sungai Danau dan 1 orang dari Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu. Pelatihan Tutor TTM ini bertujuan untuk meningkatkan komptensi tutor yang merupakan fasilitator pembelajaran bagi mahasiswa dan rutin serta berkelanjutan dilaksanakan di UPBJJ-UT Banjarmasin.

Acara pembukaan pelatihan tutor ini dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Agustus 2016 dan langsung dibuka oleh Bapak Ir. Edward Zubir., M.M selaku Kepala UPBJJ-UT Banjarmasin, setelah acara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi. Para peserta antusias mendengarkan setiap materi yang disampaikan oleh para instruktur. Instruktur dan fasilitator yang memberikan materi pelatihan tutor ini disampaikan oleh Bapak Ir. Edward Zubir.,MM., Ibu Andi Suci Anita, SP.,MP, Bapak Drs. H. Abdul Hadi, MS, Ibu Yuli Triana, SE, MM, Bapak Drs. H. Abdul Hafiz, S.Pd.,M.Pd, Bapak Drs. H. Mukhyar Amani, M.Pd, Bapak Jumriadi, S.Sos.,M.AP dan Ibu Dra. Jamilah, M.Pd. Materi-materi yang disampaikan antara lain : Ruang Lingkup TTM dan Program Pelatihan Tutor TTM, Konsep Sistem dan Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Konsep dan Prinsip Belajar Mandiri, Mengelola Waktu Membaca Modul secara Efektif, Merekam Hasil Baca, Ragam Metode Pembelajaran, Pembelajaran Aktif dalam Tutorial, Keterampilan Dasar Tutorial, Pengembangan Bahan Presentasi dan Pemanfaatan Ragam Sumber Belajar dalam Pembelajaran, Perencanaan Tugas Tutorial (Kisi-kisi Tugas). Pada akhir kegiatan dilaksanakan praktik tutorial mini yang diikuti oleh para peserta kegiatan di Kantor UPBJJ-UT Banjarmasin.

Diharapkan melalui pelatihan tutor ini dapat meningkatkan kompetensi tutor UPBJJ-UT Banjarmasin sehingga kualitas pembelajaran Tutorial Tatap Muka di UPBJJ-UT Banjarmasin semakin baik dan para mahasiswa mendapatkan nilai yang maksimal dan menjadi lulusan dengan kompetensi akademik yang mampu bersaing secara global.

 

Save

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *