Hubungi Kami : 0511-4315675

Home » info kegiatan » UPI UPBJJ UT Banjarmasin (Di Ballroom Callamus Rattan Inn Dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan)

UPI UPBJJ UT Banjarmasin (Di Ballroom Callamus Rattan Inn Dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan)

Untuk kesekian kalinya UPBJJ-UT Banjarmasin menyelenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI).

Kali ini pada hari Selasa 26 April 2016 UPI diselenggarakan di Ballroom Callamus, Hotel Rattan Inn Banjarmasin.
Sehari sebelum pelaksanaan UPI yaitu hari Senin 25 April 2016 di tempat yang sama dilaksanakan Seminar Akademik Mahasiswa dengan tema :

“Mewujudkan SDM Kalsel Yang Cerdas Mandiri dan Berdaya Saing Melalui Universitas Terbuka.”

dengan menghadirkan 2 narasumber, yakni: Suciati, M. Sc., Ph. D (Direktur Pasca Sarjana Universitas Terbuka) dan Yuli Triana, SE., MM . (Dosen Fakultas Ekonomi Universias Terbuka). Sebagai moderator Andi Suci Anita, SP., MP ( Dosen FMIPA Universitas Terbuka yang menjabat sebagai Koordinator
Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar). Seminar ini diikuti oleh 574 orang peserta dari calon wisudawan.

 

Acara UPI diawali dengan prosesi masuknya pimpinan UPI diiringi lagu Padamu Negeri yang dinyanyikan oleh Paduan Suara Universitas Terbuka Banjarmasin yang anggotanya Mahasiswa Bidikmisi dari UPBJJ UT Banjarmasin dilatih oleh Drs. Rayrasi Baidani (Dosen FKIP UPBJJ UT Banjarmasin). Pada acara ini mahasiswa yang mengikuti UPI sejumlah 574 orang yang berasal dari 13 (Tiga Belas) kabupaten yaitu : Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kab. Banjar, Kab. Tapin, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kab. Hulu Sungai Selatan, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kab. Balangan, Kab. Hulu Sungai Utara, Kab, Tabalong, Kab. Tanah Laut, Kab. Tanah Bumbu dan Kab. Kota baru.

Pejabat yang hadir dalam rangka UPI adalah Rektor UT Yang diwakili oleh Direktur Pasca Sarjana Ibu Suciati, M. Sc., Ph. D, Gubernur Propinsi Kalimantan Selatan Bp H. Sahbirin Noor, juga Kepala Dinas Kabupaten Kota Se-Kalimantan Selatan.

Setelah acara Prosesi, Kepala UPBJJ-UT Banjarmasin memberikan sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada para wisudawan, beliau mengatakan pula bahwa mahasiswa Universitas Terbuka harus berkontribusi mewujudkan Sumber Daya Manusia Kalimantan Selatan yang cerdas mandiri dan berdaya saing. Melalui Universitas Terbuka yang selalu menuntut kemandirian mahasiswanya dalam proses belajar percayalah bahwa Universitas Terbuka hanya menganugerahkan nilai yang pantas serta Ijazah dan gelar kesarjanaannya kepada orang yang layak dan patut menerimanya.

 

Direktur Pasca Sarjana Universitas Terbuka , mengucapkan selamat kepada kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di UT. Dalam sambutannya beliau mengingatkan bahwa era Ekonomi ASEAN sudah dimulai dan hal ini menempatkan Indonesia ditengah-tengah puncak persaingan masyarakat ASEAN. Muncul
pendapat-pendapat yang menyangsikan kesiapan dan kemampuan Indonesia untuk berkiprah dalam ekonomi terbuka ASEAN, karena pembangunan ekonomi, sosial dan politik Indonesia belum memenuhi harapan dan standar yang diharapkan. Bersama perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Terbuka berupaya untuk dapat menghasilkan lulusan yang cerdas, mandiri, dan berdaya saing tinggi.

 

Gubernur Kalsel H Sabirin Noor, meminta supaya dunia pendidikan mulai sekarang harus siap dalam menghadapi Masyarakar Ekonomi Asean (MEA). Karena itulah, pihaknya akan terus mensupport dan memperhatikan dunia pendidikan. Dihadapan seluruh 574 wisudawan, juga seluruh civitas Universitas Terbuka se Kalimantan Selatan. Gubernur yang akrab dipanggil paman Birin ini juga mengatakan, lulusan Universitas Terbuka diharapkan, terus mengembangan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki. Karena dengan diraihnya kelulusan bukan tugas dan tanggungjawabnya selesai, tetapi gelar dan kualifikasi akademi merupakan tantangan dalam dunia kerja dan usaha dalam kehidupan masyarakat. Bahkan, yang lebih penting lulusan UT harus mampu mengembangkan keahlian dan kemampuan, agar bisa meningkatkan kemandirian, unggul, berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi serta dapat merubah tantangan menjadi peluang dalam menuju ke depan.Sebelum mengakhiri sambutannya,gubernur Kalsel juga memberikan apresiasi dan reward kepada wisudawan terbaik masing-masing sebesar Rp 5 juta untuk
Maulina S. Pd ketiganya dari jurusan Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Samsul Karimi S. Pd dan Nikmah, S.Pd.

Rektor UT yang diwakili Direktur Pasca Sarjana Suciati mengatakan, saat ini Lulusan UT mendekati 1,5 juta dan jumlah tersebut merupakan angka yang cukup besar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *