Our Recent FAQS

Frequently Asked Question &
Answers Here

Tata cara perkuliahan di UT

Tata Cara perkuliahan online perkuliahan di UT lewat web sistem forum diskusi (posting & reply) / tugas matakuliah , ujian berhadir di tempat yg ditentukan / dipilih (selama pandemi jadi sistem download soal, jawab scan dan upload di web yg ditentukan) Dikerjakan sesuai deadline , misal tugas/materi 1 , dr tgl 1-7 . dr rentang tgl tsb bebas aja mau ngerjakan nya kapan . Wajib berhadir saat ujian (pelaksanaan UAS 1x tiap semester) jadi bukan yg pake zoom / gmeet atau teams gitu Tatapmuka Dilaksanakan 8 minggu berturut turut setiap weekend, peserta minimal 20 lebih dgn matkul yg sama, ujian berhadir di tempat yg ditentukan Paket Tanpa Tutorial Tatap Muka (SIPAS non TTM) > Belajar Online, UAS tertulis (bisa di daerah, weekend) , matakuliah tersusun otomatis sesuai kurikulum Non Paket Tanpa Tutorial Tatap Muka (Non SIPAS) > biaya per Sks, matakuliah bebas pilih, , UAS tertulis (bisa di daerah, weekend) Paket dengan Tutorial Tatap Muka bbrp MK (SIPAS Semi) > Menggunakan perkuliahan tatap muka tuk bbrp MK , minimal peserta lebih dr 25,UAS tertulis (bisa di daerah, weekend) , matakuliah tersusun otomatis Paket MK dengan Tutorial Tatap Muka (SIPAS Penuh) > Menggunakan perkuliahan tatap muka, minimal peserta lebih dr 25,UAS tertulis (bisa di daerah, weekend) , matakuliah tersusun otomatis Paket MK dengan Tutorial dengan Layanan Khusus

apa perbedaan RPL dan non RPL?

NON RPL : Artimya tidak mengajukan program alih kredit. Program NON RPL ini sangat cocok untuk mahasiswa yang baru pertama kali kuliah di perguruan tinggi Mahasiswa yang merupakan lulusan SMA/sedejarat jika ingin melanjutkan kuliah ke jenjang Sarjana atau Diploma diwajibkan memilih Program NON RP. Penagjuan NON RPL silahkan cek pada laman admisi-sia.ut.ac.id saat melakukan pendaftran. RPL ( REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU) : Rekognisi Pembelajaran lampau merupakan pengakuan terhadap pengalaman belajar dan lulusan mata kuliah yang telah di perolah mahasiswa dari Perguruan Tinggi.Pengajuan alih kredit ditunjukam untuk mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain yang sudah aktif atau lulusan D3 dari Perguruan Tinggi mengambil mata kuliah jika tidak banyak kesamaan dengan perguruan tinggi sebelumnya sebaiknya mengambil program NON RPL dengan menggunakan berkas ijazah SMA/sederajat proses RPL diajukan pada saat pemdaftran pada laman admisi-sia.ut.ac.id

Surat keterangan aktif mahasiswa

SURAT KETERANGAN Tuk surat keterangan , berhubungan antrian saat ini sangat luar biasa. sementara bisa diajukan dan didownload surat keterangannya dgn cara berikut : https://aksi.ut.ac.id/sk kemudian masukkan nim , ttl dan nik. nanti akan diminta memilih jenis surat keterangan. nanti setelah bbrp jam silahkan ulangi lagi dan nanti akan ada menu "cetak surat keterangan" bila sdh terproses

Apa beda sipas semi dan sipas penuh?

SIPAS terdapat beberapa skema yaitu : SIPAS Non TTM, yaitu sistem paket semester non tutorial tatap muka. Biaya mulai dari Rp 1.150.000 sampai Rp 2.000.000 SIPAS Semi, yaitu sistem paket dengan TTM wajib maksimal 3 matakuliah paket. Biaya mulai dari Rp 1.600.000 sampai Rp 2.600.000 SIPAS Penuh, yaitu sistem paket dengan TTM wajib seluruh matakuliah. Biaya mulai dari Rp 1.900.000 sampai Rp 3.300.000 SIPAS Plus, yaitu sistem paket yang meliputi TTM wajib seluruh matakuliah dan pelatihan pengembangan diri. SIPAS Plus diperuntukkan bagi mahasiswa program beasiswa atau kerjasama. Biaya mulai dari Rp 2.400.000 sampai Rp 3.400.000 SIPAS Online, yaitu sistem paket Full Online yang meliputi praktik/praktikum online dan UAS online. SIPAS Online hanya ditawarkan untuk program studi S1: Manajemen, Matematika, Pendidikan Matematika, dan Sastra Inggris bidang Minat Penerjemahan. Biaya Rp 1.950.000 Non SIPAS (Non Sistem Paket Semester) adalah sistem pengambilan mata kuliah secara satuan dengan jumlah maksimal 24 SKS per semester (Semester 1-2 maksimal 20 SKS, Semester 3 dan seterusnya maksimal 24 SKS), tidak termasuk bahan ajar (dibeli terpisah). Pada non SIPAS, mahasiswa meregistrasikan sendiri matakuliah yang ingin diikuti. Biaya kuliah tergantung jumlah SKS yang diambil. Biaya per SKS Rp 36.000 sampai Rp 78.000 sesuai program studi.

Berapa biaya persemester di UT?

Rincian SPP tuk biayanya , rata2 1.300.000/semester utk yg belajarnya online (paket non tatap muka) + biaya pendaftaran 100rb . dan tambahan nantinya biaya ongkir pengiriman bahan ajar ke mahasiswa (nominalnya bisa bervariasi per mhs, biasanya 100-200rb) "tuk biyaya , S1 PGSD masukan sarjana 2.700.000/semester (toturial tatap muka utk seluruh mata kuliah) (nominalnya bisa bervariasi per mhs, biasanya 100-200rb) " "tuk biyaya, S1 PGPAUD masukan sarjana 3.300.000/semester (toturial tatap muka utk seluruh mata kuliah)(nominalnya bisa bervariasi per mhs, biasanya 100-200rb) " "dan tuk biyaya S1 PGSD dan PGPAUD masukan SMA 1.700.000/semester - 2.500.000/semester mya (nominalnya bisa bervariasi per mhs, biasanya 100-200rb) "

Jika maba sudah bayar harus ngapain?

Jika sdh dlm tahap melakukan pelunasan pembayaran pembayaran , yg perlu dilakukan: 1. Nanti tinggal menunggu pengumuman orientasi, (info biasanya via sms atau diumumkan IG UTbanjarmasin) (kemungkinan pertengahan september) 2. Bisa juga lakukan aktivasi (buat akun) di elearning.ut.ac.id (cri menu aktivasi kemudian cek kotak masuk email) nanti akan dpt password 3. Setelah login di elearning , cari form kesediaan tuton, pilih “ya saya setuju, kemudian simpan. Jika ingin mengikuti pembelajaran via tutorial online

Bagaimana cara login SIA/MY UT?

Cara login ke akun SIA baru 1.buka sia.ut.ac.id 2.Pilih calon mahasiswa & mahasiswa lama 3. Login menggunakan email atau password sia nya atau klo gk bisa coba pakai masuk dengan *Office 365* 4. Masukkan usernamenya : nim@ecampus.ut.ac.id , misal : 022125789@ecampus.ut.ac.id , 5. password : Ut + tgl + bln + tahun lahir , misal Ut25051990 Atau langsung login lewat ke link https://admisi-sia.ut.ac.id/

Setelah di bayar 100 ngapain?

Setalah bikin akun di sia.ut.ac.id nanti cek kotak masuk email yg di daftarkan, nanti ada link verifikasi setelah berhasil login nanti akan ada tagihan 100 rb tuk biaya pendaftaran nantinya setelah dibayarkan, bisa lanjut ngisi data dan upload berkas

Kalau sudah dapat NIM ngapain lagi ?

Jika sudah dapat NIM Jika sdh dapat nim, langkah berikurnya adalah melakukan registrasi matakuliah (cetak billing spp) , yg bisa dilakukan mulai 15 juni - 07 sept Registrasi bisa dilakukan di sia.ut.ac.id (login dlu) > pada menu akademik > registrasi matakuliah kemudian isi tempat ujian dan pengiriman bahan jar, kemudian scroll bawah dan pilih "registrasikan matakulah

Apakah bisa pindah prodi ?

Pindah Prodi tuk prosedur pindah prodi kurang lebih seperti ini : 1. Ajukan pengunduran diri untuk yg nim lama 2. Lakukan pendaftaran seperti mahasiswa baru pada umumnya 3. kemudian ajukan "alih kredit / RPL" untuk mengajukan nilai matakuliah lama utk dimasukkan ke nim baru "Pindah Prodi utk caranya , pertama ajukan pengunduran diri utk yg nim lama https://www.ut.ac.id/wp-content/uploads/2015/01/19062023-1115Lampiran_Surat_Permohonan_Pengunduran_Diri.pdf " bisa langsung klik link utk formulir pengunduran diri nya

Kalau sudah validasi berikutnya ?

"berikutnya, tinggal lakukan registrasi matakuliah (cetak billing spp) . di sia.ut.ac.id (login dlu) , di menu akademik > registrasi. kemudian masukan alamat pengiriman buku dan lokasi ujian. bru nanti pilih registrasikan matakuliah"

Syarat Pendaftaran Maba Pindahan, Transfer (Alih Kredit)

Utk pendaftaran mahasiswa baru , formulir yg diperlukan bisa di download di https://www.ut.ac.id/formulir Form no. 1-3 Dan kelengkapan berkas lainnya : 1. Fotokopi KTP 2. Fotokopi Ijazah dilegalisir (SLTA / Sederajat) 3. Foto 4 x 6 4. Formulir Alih Kredit , bisa di download di > https://www.ut.ac.id/formulir 5. Screenshot Data mhs di universitas sebelumnya, yg diambil dari web pddikti.kemdikbud.go.id 6. Surket Pindah atau Surket pernah kuliah dr Universitas Asal 7. Transkrip Nilai di Universitas Sebelumnya Untuk matakuliah UT bisa dicek di ut.ac.id/katalog > download katalog kurikulum https://www.ut.ac.id/sites/all/files/images/Katalog_Kurikulum_FE_FHISIP_FKIP_FST_UT_2021_2022_Edisi_2.pdf Syarat Pendaftaran Mahasiswa baru (Alih Kredit) bagi yg sudah pernah memiliki ijazah Diploma atau S1 dr Univ lain Utk pendaftaran mahasiswa baru , formulir yg diperlukan bisa di download di https://www.ut.ac.id/formulir Form no. 1-3 Dan kelengkapan berkas lainnya : 1. Fotokopi KTP 2. Fotokopi Ijazah dilegalisir 3. Transkrip Nilai di Universitas Sebelumnya 3. Transkrip Nilai di Universitas Sebelumnya 5. Formulir Alih Kredit , bisa di download di > https://www.ut.ac.id/formulir 6. Screenshot Data mhs di universitas sebelumnya, yg diambil dari web pddikti.kemdikbud.go.id Untuk matakuliah UT bisa dicek di ut.ac.id/katalog > download katalog kurikulum https://www.ut.ac.id/sites/all/files/images/Katalog_Kurikulum_FE_FHISIP_FKIP_FST_UT_2021_2022_Edisi_2.pdf

Syarat Pendaftaran Maba Tambahan Khusus FKIP (PGSD, PGPAUD dan keguruan lainnya)

*khusus tuk FKIP* seperti PGSD , PGPAUD dan sejenisnya , syarat tambahannya adalah Minimal mengajar 1 tahun yg dibuktikan dengan : 1. Surat ket aktif mengajar 2. SK mengajar dilegalisir / Asli 3. Sertifikat atau bukti Diklat/ Pelatihan (jika tidak ada, bisa diganti dgn kertas bertuliskan tidak / ada belum ada saat proses unggah berkas) 4. Sertifikat/piagam/Bukti Prestasi Guru (jika tidak ada, bisa diganti dgn kertas bertuliskan tidak / ada belum ada saat proses unggah berkas) 5. Screenshot Data DAPODIK (jika tidak ada, bisa diganti dgn surket dr instansi terkait atau sekolah bahwa masih belum masuk data DAPODIK)