Visi

Mengembangkan ilmu pendidikan dan pengkajian Bahasa Inggris yang inovatif dan adaptif melalui pembelajaran terbuka dan jarak jauh untuk menghasilkan pendidik dan peneliti yang kreatif, kritis dan mandiri.

Misi

Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris memiliki misi sebagai berikut.

Tujuan

Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris UT dilaksanakan untuk menghasilkan lulusan yang berkualifikasi akademik magister dalam pendidikan bahasa Inggris yang memiliki kompetensi sebagai berikut:

Profile Lulusan

1. Pendidikan Bahasa Inggris

Pendidik yang mampu secara kreatif, kritis dan mandiri menerapkan konsep, prinsip pendidikan dan pembelajaran dalam Bahasa Inggris; memperluas dan memperdalam bidang ilmu yang menaungi substansi dan pembelajaran bahasa Inggris melalui penelitian dan praktik pembelajaran; dan mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam bidang bahasa Inggris secara profesional.

2. Penelitian Pendidikan Bahasa Inggris

Peneliti yang mampu secara inovatif, adaptif, kreatif, kritis dan mandiri melakukan penelitian dan evaluasi pendidikan, pembelajaran lanjut, dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan kesadaran akan keberagaman, pemerataan pendidikan, dan perspektif global.

Capaian Pembelajaran

Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa S2 Magister Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kemampuan sebagai berikut.

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan Umum

Keterampilan Khusus

NoKode & Nama Mata KuliahWaktu UjianKode & Nama Bahan Ajar yang DigunakanSemester/ SKS
1MPBI5101 Critical Reading and Writingl.1MPBI5101 Critical Reading and Writing (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )1/ 3
2MPBI5103 Language Teaching Methodsl.3MPBI5103 Language Teaching Methods (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )1/ 3
3MPBI5104 Applied Linguistics ll.1MPBI5104 Applied Linguistics (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )1/ 3
4MIPK5201 Metode Penelitian Pendidikanll.2MIPK5201 Metode Penelitian Pendidikan (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ) 1/ 4
5MPBI5201 Assessment in Language Teachingl.4MPBI5201 Assessment in Language Teaching (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )2/ 3
6MPBI5202 Grammar Analysis lll.2MPBI5202 Grammar Analysis (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )2/ 3
7MPBI5204 EFL Curriculum and Materials Developmentlll.1MPBI5204 EFL Curriculum and Materials Development (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )2/ 3
8MPDR5102 Integrasi Teori dan Praktik Pembelajaran MPDR5102 Integrasi Teori dan Praktik Pembelajaran l.2MPDR5102 Integrasi Teori dan Praktik Pembelajaran (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )2/ 3
9MPBI5300 Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian 99MPDR5300, Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ), PTAP5406 Panduan Penulisan Proposal dan TAPM (Edisi 3♦ atau Edisi 4♦♦ ), PTAP5400 Pedoman Ujian Sidang Program Pascasarjana (Edisi 4♦ atau Edisi 5♦♦ ), PTAP5401 Pedoman Bimbingan Tugas Akhir Program Magister (Edisi 3♦ atau Edisi 4♦♦ ) 3/ 2
10MIPK5301 Evaluasi Program Pendidikanll.3MIPK5301 Evaluasi Program Pendidikan (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ) 3/ 3
11MPBI5302 Sociolinguistics and Language TeachinglV.1MPBI5302 Sociolinguistics and Language Teaching (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )3/ 3
12MPBI5303 Innovations in ELTlV.2MPBI5303 Innovations in ELT (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ) 3/ 3
13. MPBI5400 TAPM1)994/ 6
Total Paket/ Semester
1234
1312116

Keterangan:

1) = Ujian TAPM ditempuh setelah lulus semua mata kuliah dengan minimal IPK 3.10 dan nilai mata kuliah Metode Penelitian Pendidikan (MIPK5201) dan Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian (MPBI5300) minimal B dan nilai B- atau C maksimal 2 untuk mata kuliah lain.

Pada Kolm Nama Bahan Ajar:

Bahan ajar non cetak (BANC) dalam bentuk multimedia sebagai pengayaan dapat diakses di www.p2bam.ut.ac.id/banc