Visi

Visi Program Studi Magister Pendidikan adalah menjadi Program Studi Magister Pendidikan Matematika yang inovatif, berorientasi pada pengembangan berpikir matematik siswa, dan berbasis teknologi berkualitas dunia

Misi

Program Magister Pendidikan Matematika memiliki misi sebagai berikut.

Tujuan

Program Magister Pendidikan Matematika bertujuan untuk menghasilkan lulusan sebagai pendidik profesional yang mampu memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran matematika pada konteks lokal dan nasional secara multidisipliner, dan mengembangkan keilmuan pendidikan matematika melalui praktik profesional dan penelitian. Secara rinci dijabarkan sebagai berikut.

Profile Lulusan

Profil lulusan S2 Pendidikan Matematika UT yang diharapkan sesuai kebutuhan pengembangan keilmuan maupun masyarakat adalah lulusan bergelar magister yang unggul, baik pada aspek sikap, pengetahuan, keterampilan dan humanis, sehingga mampu berperan di masyarakat dan membimbing peserta didik dengan baik dan efektif. Lulusan S2 Pendidikan Matematika UT yang juga mampu mengindentifikasi permasalahanpermasalahan di dunia pendidikan matematika, dan secara kreatif mampu merencanakan perbaikan dan melaksanakan perbaikan tersebut dengan tindakan nyata. Profesi, bidang pekerjaan, atau bidang keilmuaan serta keahlian yang dapat dipilih oleh lulusan mencakup, menjadi: Guru Matematika, Akademisi (Dosen) Pendidikan Matematika, Peneliti bidang Pendidikan Matematika, Pengelola Lembaga Pendidikan.

Capaian Pembelajaran

Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa S2 Magister Pendidikan Matematika memiliki kemampuan sebagai berikut.

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan Umum

Keterampilan Khusus

Kurikulum Program MPMt

Bagi Mahasiswa Baru yang Melakukan Registrasi Semester 2024/2025

Struktur kurikulum Program Magister Pendidikan Matematika sebagai berikut.

NoKode & Nama Mata KuliahWaktu UjianKode & Nama Bahan Ajar yang DigunakanSemster/ SKS
1MPMT5101 Sejarah dan Filsafat Matematikal.1MPMT5101 Sejarah dan Filsafat Matematika (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )1/ 3
2MPMT5102 Perkembangan Pendidikan Matematika ll.3MPMT5102 Perkembangan Pendidikan Matematika (Edisi 1 ♦ atau Edisi 2♦♦ ) 1/ 3
3MPMT5103 Fondasi Matematika & Bukti dalam Matematikal.2MPMT5103 Fondasi Matematika & Bukti dalam Matematika (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )1/ 3
4MPMT5104 Aljabarll.2MPMT5104 Aljabar (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ) 1/ 3
5MPMT5201 Geometri lV.2MPMT5201 Geometri (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )2/ 3
6MPMT5202 Teori Bilanganlll.2MPMT5202 Teori Bilangan (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )2/ 3
7MPMT5203 Metode Penelitian Pendidikan Matematika lV.1MPMT5203 Metode Penelitian Pendidikan Matematika (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )2/ 4
8MPMT5204 Analisis Kurikulum Matematikalll.1MPMT5204 Analisis Kurikulum Matematika (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )2/ 3
9MPMT5300 Seminar dan Workshop Pendidikan Matematika 99MPMT5304 Seminar dan Workshop Pendidikan Matematika 2024/2025 Ganjil, MPMT5300Seminar dan Workshop Pendidikan Matematika 2024/2025 Genap, PTAP5406 Panduan Penulisan Proposal dan TAPM (Edisi 3♦ atau Edisi 4♦♦ ), PTAP5400 Pedoman Ujian Sidang Program Pascasarjana (Edisi 4♦ atau Edisi 5♦♦ ), PTAP5401 Pedoman Bimbingan Tugas Akhir Program Magister (Edisi 3♦ atau Edisi 4♦♦ ) 3/ 2
10MPMT5301 Pembelajaran Matematikal.3MPMT5301 Pembelajaran Matematika (Edisi 1♦ atau Edisi 2 ♦♦ )3/ 3
11MPMT5302 Evaluasi Pembelajaran Matematikal.4MPMT5302 Evaluasi Pembelajaran Matematika (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )3/ 3
12MPMT5303 Analisis Realll.1MPMT5303 Analisis Real (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )3/ 3
13MPMT5400 TAPM/Tesis1)994/ 6
Total Paket/ Semester
1234
1213116

Keterangan:

1) = Ujian Tesis/TAPM ditempuh setelah lulus semua mata kuliah dengan minimal IPK 3.10 dan nilai mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika (MPMT5203) dan Seminar dan Workshop Pendidikan Matematika (MPMT5300) minimal B dan nilai B- atau C maksimal 2 untuk mata kuliah lain.

Pada Kolom Nama Bahan Ajar:

Bahan ajar non cetak (BANC) dalam bentuk multi media sebagai pengayaan dapat diakses di www.p2bam.ut.ac.id/banc.