Visi

Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan di bidang komunikasi digital yang profesional dan berkearifan lokal melalui pendidikan terbuka dan jarak jauh.

Misi

Tujuan

Capaian Pembelajaran

Kurikulum Program Studi S1 Ilmu Komunikasi dirancang agar dapat ditempuh mahasiswa dalam waktu kurang lebih delapan semester. Kurikulum tersebut dibuat dalam bentuk paket arahan semester. Capaian S1 Ilmu Komunikasi selain Sikap dan Tata nilai serta Keterampilan Umum juga meliputi Keterampilan Khusus dan Penguasaan Pengetahuan sebagai berikut.

Penguasaan Pengetahuan

Keterampilan Umum

Keterampilan Khusus

NoKode & Nama Mata Kuliah Waktu UjianKode & Nama Bahan Ajar yang Digunakan Semester/ SKSKet.
1
Pilih Salah Satu Sesuai Data Pribadi :
MKWN4101 Pendidikan Agama Islaml.5MKWN4101 Pendidikan Agama Islam1/ 3WT
MKWN4102 Pendidikan Agama Katolik MKWU4102 Pendidikan Agama Katolik (Edisi 2)
MKWN4103 Pendidikan Agama KristenMKWU4103 Pendidikan Agama Kristen
MKWN4104 Pendidikan Agama BuddhaMKWU4104 Pendidikan Agama Buddha
MKWN4105 Pendidikan Agama HinduMKWN4101 Pendidikan Agama Islam
MKWN4107 Pendidikan Agama KonghucuMKWU4107 Pendidikan Agama Konghucu
2FSIK4101 Pengantar Ilmu Komunikasl.2SKOM4101 Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi 4)1/ 3T
3FSIK4102 Komunikasi Personal Bermedial.1SKOM4313 Komunikasi Antarpribadi (Edisi 5)1/ 3T
4FSIK4103 Public Speakingll.3SKOM4312 Public Speaking (Edisi 3) 1/ 3BP,BPro
5MKWN4109 Pendidikan Kewarganegaraanll.4MKDU4111 Pendidikan Kewarganegaraan (Edisi 3) 2025/2026 Ganjil, MKWN4109 Pendidikan Kewarganegaraan 2025/2026 Genap1/ 2
6FSIK4104 Komunikasi Massall.1SKOM4315 Komunikasi Massa (Edisi 4)1/ 3T
7MKWN4108 Bahasa Indonesiall.3MKWU4108 Bahasa Indonesia (Edisi 2) 2025/2026 Ganjil, MKWN4108 Bahasa Indonesia 2025/2026 Genap2/ 2
8FSIK4105 Komunikasi Korporasl.3FSIK4105 Komunikasi Korporasi2/ 3WT
9FSIK4106 Teknologi Informasi dan Komunikasil.5PUST4425 Teknologi Komunikasi dan Informasi (Edisi 3)2/ 3T
10FSIK4107 Psikologi KomunikasiIl.5SKOM4317 Psikologi Komunikasi (Edisi 4)2/ 3T
11FSIK4108 Komunikasi Bisnisl.2SKOM4432 Komunikasi Bisnis (Edisi 4) 2/ 3BP,BPro
12FSIK4109 Sosiologi Komunikasll.4SOSI4402 Sosiologi Komunikasi (Edisi 4)2/ 3T
13FSIK4201 Sistem Komunikasl.4SKOM4434 Perbandingan Sistem Komunikasi (Edisi 3)3/ 3WT
14MKDI4203 Kewirausahaan di Era Digitall.1MKWI4203 Kewirausahaan di Era Digital (Edisi 2) 3/ 3T
15MKDI4201 Bahasa InggrisIl.2MKWI4201 Bahasa Inggris (Edisi 2)3/ 3
16 FSIK4202 Komunikasi Multi Kulturall.5SKOM4318 Komunikasi Antar Budaya (Edisi 3)3/ 3T
17 FSIK4203 Teori Komunikasi ll.3SKOM4204 Teori Komunikasi (Edisi 4)3/ 3T
18MKDI4202 Belajar di Era Digitalll.5MKWI4202 Belajar di Era Digital (Edisi 2)3/ 3
19MKWN4110 Pancasilal.3MKWN4110 Pancasila 3/ 2
20FSIK4204 Perencanaan Program Komunikasil.2SKOM4206 Perencanaan Program Komunikasi (Edisi 4)4/ 3BP,BPro
21FSIK4205 Filsafat dan Etika Komunikasl.5SKOM4323 Filsafat dan Etika Komunikasi (Edisi 3)4/ 3T
22MKKI4201 Pengantar StatistikalI.1 SATS4121 Metode Statistik 1 (Edisi 3) 4/ 3T
23FSIK4206 Bahasa Inggris KomunikasilI.2SKOM4209 Bahasa Inggris II (Edisi 3)4/ 3BP,BPro
24FSIK4207 Digital Media l.4SKOM4331 Cybermedia (Edisi 2) 2025/2026 Ganjil, Cybermedia (Edisi 3) 2025/2026 Genap4/ 3T
25FSIK4208 Isu dan Komunikasi Krisis ll.3FSIK4208 Isu dan Komunikasi Krisis4/ 3WT
26
Pilih satu mata kuliah dari mata kuliah pilihan yang tersedia
FSIK4209 Manajemen Industri Media l.4SKOM4324 Manajemen Media Massa (Edisi 3)4/ 3
FSAB4310 Teori Pembuatan KeputusanlI.5ADBI4531 Teori Pembuatan Keputusan (Edisi 2)
27FSIK4301 Digital Publitec RelationslI.1SKOM4103 Hubungan Masyarakat (Edisi 4)5/ 3T
28FSIK4303 Produksi MedialI.5SKOM4440 Produksi Media (Edisi 2)5/ 3BP,BPro
29EMBS4207 Perilaku OrganisasilI.3EKMA4158 Perilaku Organisasi (Edisi 3)5/ 3T
30SKOM4315 Komunikasi Massal.3SKOM4328 Komunikasi Pemasaran (Edisi 5) 5/ 3BP,BPro
31EMBS4324 Manajemen Perubahanl.5EMBS4324 Manajemen Perubahan5/ 3T
32FSIK4305 Komunikasi Organisasl.1SKOM4329 Komunikasi Organisasi (Edisi 4)5/ 3WT
33FSIK4309 Penulisan Konten Media Barul.2FSIK4309 Penulisan Konten Media Baru5/ 3BP,BPro
34ESTA4211 Manajemen MICE l.2SPAR4316 Manajemen MICE (Edisi 2) 6/ 3BP,BPro
35FSIK4302 Metode Penelitian99ISIP4216 Metode Penelitian Sosial (Edisi 2) 6/ 3P,PRo
36FSIK4306 Komunikasi Persuasifll.1SKOM4326 Komunikasi Persuasif (Edisi 4)6/ 3T,WT
37FSIK4307 Metode Penelitian Komunikasi ll.4SKOM4436 Metode Penelitian Komunikasi (Edisi 4)6/ 3T
38EMBS4430 Manajemen Strategikl.5EKMA4414 Manajemen Stratejik (Edisi 3) 6/ 3T
39
Pilih satu mata kuliah dari mata kuliah pilihan yang tersedia
EMBS4325 Pengembangan ProdukI.3EKMA4473 Pengembangan Produk (Edisi 2)6/ 3
MKKI4301 Pemberdayaan Masyarakat99MKKI4301 Pemberdayaan Masyarakat P,PRo
40 FSIK4308 Teknik Public RelationsI.1SKOM4332 Teknik Hubungan Masyarakat (Edisi 3)6/ 3BP,BPro
41
Pilih salah satu Tugas Akhir Program Sarjana (TAPS)
FSIK4460 Artikel Ilmiah 99MKKI4450 Panduan Tugas Akhir Program Sarjana (TAPS)7/ 6P,PRo
FSIK4480 Proyek
42FSIK4401 Praktik Kerja Komunikas99FSIK4401 Panduan Praktik Kerja Komunikasi 7/ 4P,PRo
43FSIK4402 Audit Komunikasi ll.5EKSI4413 Audit Manajemen (Edisi 4)7/ 3BP,BPro
44FSIK4403 Komunikasi Politikl.3SKOM4319 Komunikasi Politik (Edisi 4)7/ 3T,WT
45FSIH4407 Hak Kekayaan Intelektual lI.1HKUM4302 Hak Kekayaan Intelektual (Edisi 2)8/ 3WT
46FSIK4404 Komunikasi InovaslI.2SKOM4316 Komunikasi Inovasi (Edisi 4)8/ 3T
47FSIK4405 Opini Publikl.2FSIK4405 Opini Publik8/ 3T
48FSIK4406 Komunikasi Internasionalll.3SKOM4435 Komunikasi Internasional (Edisi 4)8/ 3 T
49FSIK4407 Periklananl.4SKOM4314 Perencanaan Pesan dan Media (Edisi 3) 8/ 3BP,BPro
Total Paket Arahan per Semester dan sks
12345678
1717202120211615

Keterangan :

# : Bahan ajar disertai multimedia
Bahan ajar non cetak (BANC) dalam bentuk multi media sebagai pengayaan dapat diakses di https://sl.ut.ac.id/pengayaan

Kolom I : Mata kuliah praktik (P)/praktikum (Pr)/berpraktik (BP)/berpraktikum (BPr)
Kolom II : Jenis layanan pembelajaran mata kuliah

T = Tutorial tatap muka (TTM) atau tutorial webinar (Tuweb) untuk Layanan SIPAS SEMI
WT = Wajib tuton untuk layanan SIPAS PENUH dan SIPAS PLUS
BW = Bimbingan Wajib (non Matakuliah P/Pr/BP/BPr)
BWo = Bimbingan Wajib Online (non Matakuliah P/Pr/BP/BPr)
Pro = Mata kuliah praktik/praktikum wajib bimbingan online
BPro = Mata kuliah berpraktik/berpraktikum wajib bimbingan online

Mata Kuliah Prasyarat Tugas Akhir Program Sarjana (TAPS):
1. FSIK4203 - Teori Komunikasi
2. FSIK4307 - Metode Penelitian Komunikasi
3. FSIK4207 - Digital Media
4. FSIK4301 - Digital Publik Relations
5. FSIK4305 - Komunikasi Organisasi
6. FSIK4204 - Perencanaan Progran Komunikasi

Waktu ujian 99 : Tanpa Ujian Akhir Semester (UAS), nilai mata kuliah sepenuhnya dari nilai laporan praktik/praktikum/artikel ilmiah

Mahasiswa sangat direkomendasikan memilih satu layanan bantuan belajar