Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP UT menjadi penyelenggara
pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh dalam mempersiapkan ahli
Teknologi Pendidikan berkualitas dunia, khususnya untuk pendidikan jarak
jauh.
Misi
Menyelenggarakan pendidikan berkualitas dunia yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dalam bidang Teknologi Pendidikan berlandaskan budaya belajar mandiri.
Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Teknologi Pendidikan yang berkelanjutan dan berkualitas dunia, khususnya dalam bidang pendidikan jarak jauh.
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Teknologi Pendidikan.
Mengembangkan budaya belajar sepanjang hayat dalam Teknologi Pendidikan.
Tujuan
Menyelenggarakan pendidikan program sarjana (strata 1) yang menyiapkan
lulusan berkeahlian Teknologi Pendidikan dalam bidang Teknologi
Pendidikan di pendidikan terbuka dan jarak jauh.
Capaian Pembelajaran
Ahli teknologi pendidikan profesional yang mampu mengaplikasikan teori,
prinsip, dan hasil kajian untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan
efektif, berorientasi kepada peserta didik, pendekatan sistem, dan
pemanfaatan sumber belajar, dalam pendidikan tatap muka dan jarak jauh. Ahli teknologi pendidikan profesional yang mampu mengaplikasikan teori,
prinsip, dan hasil kajian untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan
efektif, berorientasi kepada peserta didik, pendekatan sistem, dan
pemanfaatan sumber belajar, dalam pendidikan tatap muka dan jarak jauh.
Sikap
Sarjana Teknologi Pendidikan memiliki sikap:
Bertakwa kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius.
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bangsa dan negara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan profesi teknologi pendidikan.
Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Menginternalisasi semangat inovatif, kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Menjadi pembelajaran mandiri dan pembelajaran sepanjang hayat.
Pengetahuan
Konsep teoretis pendidikan secara umum;
Konsep teoretis teknologi pendidikan secara mendalam;
Konsep teoretis pembelajaran; khususnya desain, perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran;
Konsep umum dan pengetahuan operasional model dan strategi pembelajaran inovatif;
Konsep umum dan pengetahuan operasional media pembelajaran dan sumber belajar;
Konsep umu dan pengetahuan operasional penilaian dan evaluasi di bidang teknologi pendidikan;
Konsep umum dan pengetahuan operasional metodologi penelitian dalam bidang teknologi pendidikan;
Konsep umum dan pengetahuan operasional tentang perkembangan teknologi untuk pembelajaran;
Wawasan etika profesi teknologi pendidikan.
Keterampilan Umum
Sarjana Teknologi Pedidikan memiliki keterampilan umum.
Menerapkan pemikiran logus, kritis, sistematis, dan inovatis dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memeperhatikan dan menerapkan nilai humanioara yang sesuai dengan bidang teknologi pendidikan.
Menunjukkan kinerja mandiri, mandiri dan terukur.
Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memoerhatikan dan menerapkan nilai humniora sesuai dengan keahliannya sebagai ahli teknologi pendidikan, berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun dreskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalaam laman Universitas Terbuka.
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bidang teknologi pendidikan dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman Universitas Terbuka .
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah bidang teknologi pendidikan, berdasarkan hasil analisis informasi dan latar.
Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya.
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
. Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin dan mencegah plagiarisme.
Keterampilan Khusus
Sarjana Teknologi Pendidikan memiliki keterampilan khusus
Menganalisis konsep teoretis teknologi pendidikan secara mendalam.
Menyelesaikan masalah prosedural dalam bidang teknologi pendidikan.
Menerapkan konsep teoretis pembelajaran, yang meliputi kemampuan: a. mendesain program pembelajaran, b. merencanakan proses pembelajaran, dan c. melaksanakan proses pembelajaran;
Menerapkan model dan strategi pembelajaran inovatif
Menggunakan dan mengembangkan, media pembelajaran dan sumber belajar.
Menyusun dan melakukan penilaian dan evaluasi di bidang teknologi pendidikan.
Melakukan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan.
Menerapkan etika profesi teknologi pendidikan.
Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin dan mencegah plagiarisme.
Mata kuliah berpraktik
Mata kuliah berpraktik pada program S1 TP terdiri dari:
TPEN4307/Produksi Media Sederhana Tiga Dimensi
TPEN4310/Perancangan Web Pembelajaran.
TPEN4312/Manajemen Penyiaran Televisi.
TPEN4314/Produksi Media Video/Televisi
TPEN4315/Produksi Media Audio/Radio.
TPEN4401/Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Mahasiswa wajib mengikuti praktik online untuk mata kuliah berpraktik.
Melakukan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan.
Menerapkan etika profesi teknologi pendidikan.
Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin dan mencegah plagiarisme.
Bimbingan untuk mata kuliah berpraktik dilakukan melalui tutorial online
Ketentuan mengikuti mata kuliah berpraktik adalah sebagai berikut.
Mahasiswa wajib mendaftar dan mengikuti tutorial online di laman elearning.ut.ac.id.
Rincian pelaksanaan mata kuliah berpraktik diatur dalam panduan praktik yang diunggah di laman elearning.ut.ac.id.
Produk/karya yang dihasilkan dalam mata kuliah berpraktik adalah karya sendiri.
TPEN4314/ProduksUntuk mata kuliah TPEN4312/Manajemen Penyiaran Televisi dan TPEN4314/Produk Media Video/Televisi, praktik dilakukan dengan media Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR).i Media Video/Televisi