Visi
Program Magister Pendidikan Dasar menjadi penyelenggara pendidikan unggulan bidang ilmu pendidikan dasar jenjang magister melalui pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh, yang mampu bersaing pada tataran nasional.
Misi
Program Magister Pendidikan Dasar memiliki misi sebagai berikut.
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi tingkat Magister dalam bidang ilmu Pendidikan dasar melalui pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing pada tataran nasional.
- Berperan aktif menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Dasar profesional yang mampu bersaing pada tataran nasional.
- Berperan aktif menyediakan produk-produk akademik dalam bidang ilmu pendidikan dasar yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendukung perwujudan masyarakat berbasis pengetahuan.
- Berperan aktif menghasilkan pengetahuan dan inovasi dalam bidang ilmu pendidikan dasar dan bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh melalui penelitian.
- Berperan aktif mengaplikasikan inovasi dalam bidang ilmu pendidikan dasar dan bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh melalui programprogram pengabdian kepada masyarakat.
Tujuan
Program Magister Pendidikan Dasar UT dilaksanakan untuk menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualifikasi akademik magister dalam pendidikan dasar, yang memiliki kompetensi sebagai berikut.
- Mampu memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran level pendidikan dasar pada konteks lokal dan nasional.
- Mampu menerapkan konsep, prinsip pendidikan dan inovasi pembelajaran pada level pendidikan dasar secara profesional untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada pendidikan dasar.
- Mampu mengembangkan karya akademik dan atau bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran pada level pendidikan dasar melalui penelitian dan praktik profesional serta menyebarluaskan hasilnya.
- Mampu mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada level pendidikan dasar.
- Memiliki wawasan penelitian dan evaluasi pendidikan, pembelajaran inovatif dan interaktif, penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pemanfaatan kearifan lokal untuk pembelajaran, serta kesadaran akan keberagaman, pemerataan pendidikan, dan perspektif global..
- Mampu turut berperan aktif dan menjalin kerja sama dalam organisasi/lembaga pendidikan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas diri dan institusi
Profile Lulusan
- Praktisi pendidikan dasar, seperti guru, pengawas, kepala sekolah, dan pengelola sekolah dasar, yang mampu menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, inovasi, manajemen dalam bidang keilmuan atau praktik professional pendidikan dasar melalui riset, mampu mengelola riset dan pendidikan.
- Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisiplin serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan.
- Konsultan pendidikan dasar yang mampu memberikan konsultasi dalam bidang penelitian dan pengembangan kurikulum, pembelajaran, kebijakan dan tata kelola dalam bidang pendidikan dasar.
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa Program Magister Pendidikan Dasar memiliki kemampuan sebagai berikut.
Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik.
- Bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Memiliki semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Bersikap positif terhadap kemandirian dalam belajar dan pembelajaran seumur hidup, baik untuk kemajuan pribadi, profesional maupun menciptakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan pribadi dan masyarakat.
Pengetahuan
- Menguasai konsep filosofis pendidikan dasar, wawasan sistem pendidikan nasional serta teori dan praktik pembelajaran pada pendidikan dasar.
- Menguasai pengetahuan difusi dan inovasi pendidikan dasar.
- Menguasai pengetahuan tentang pengembangan pembelajaran yang inovatif dan interaktif serta analisis kurikulum pendidikan dasar.
- Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
- Menguasai pengelolaan pendidikan dasar termasuk dalam perencanaan dan pembiayaan.
- Menguasai pengetahuan untuk menganalisis perkembangan pendidikan dasar di Indonesia dan berbagai negara.
- Menguasai metode evaluasi program pendidikan dasar dan instrumentasi penilaian pembelajaran.
- Menguasai beragam metode penelitian pendidikan, baik pendekatan kuantitatif maupun kualitatif.
- Memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
- Mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
- Bersikap positif terhadap kemandirian dalam belajar dan pembelajaran seumur hidup, baik untuk kemajuan pribadi, profesional maupun menciptakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan pribadi dan masyarakat.
Keterampilan Umum
- Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah atau penciptaan desain dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian pendidikan dasar, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara;
- Mampu melakukan validasi akademik atau kajian pendidikan dasar dalam menyelesaikan masalah di masyarakat yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian pendidikan dasar;
- Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan pendidikan dasar yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
- Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
- Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus
- Mampu menganalisis masalah pada pendidikan dasar, mengidentifikasi pemecahan masalah serta melaksanakan pemecahan masalah dengan mempertimbangkan implikasinya pada pengelolaan.
- Mampu mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan interaktif di sekolah dasar dan sekolah menengah, berdasarkan pemahaman peserta didik
- Mampu mengembangkan media pembelajaran dalam berbagai format (daring dan luring), dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.
- Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui pendekatan riset inter atau multidisipliner
- Mampu mengelola pembelajaran pada pendidikan dasar dengan mempertimbangkan keragaman kemampuan intelektual peserta didik.
- Mampu melakukan studi komparatif pendidikan dasar dari berbagai negara dan melakukan kegiatan kolaboratif secara kolegial/ kesejawatan dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pendidikan.
- Mampu mengevaluasi program pembelajaran pendidikan dasar secara komprehensif mencakup kurikulum, proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.
- Mampu memecahkan masalah pembelajaran dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
- Mampu melakukan penelitian tentang pendidikan dasar untuk mengembangkan pengetahuan dan menyebarluaskan hasil penelitian dalam berbagai forum.
- Mampu mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi ilmiah.
- Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan profesional.
- Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisiplin.
Kurikulum Program Magister Pendidikan Dasar
Struktur kurikulum Program Magister Pendidikan Dasar sebagai berikut.
No | Kode & Nama Mata Kuliah | Waktu Ujian | Kode & Nama bahan Ajar yang Digunakan | Semester/ SKS |
---|---|---|---|---|
1 | MPDR5101 Filsafat Pendidikan Dasar | l.1 | MPDR5101 Filsafat Pendidikan Dasar (Edisi 1♦ atau Edisi 2 ♦♦ ) | 1/ 3 |
2 | MPDR5102 Integrasi Teori dan Praktik Pembelajaran | l.2 | MPDR5102 Integrasi Teori dan Praktik Pembelajaran (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ) | 1/ 3 |
3 | MPDR5103 Metode Penelitian Pendidikan | ll.2 | MIPK5201 Metode Penelitian Pendidikan (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ) | 1/ 4 |
4 | MPDR5105 Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar | l.3 | MPDR5105 Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ) | 1/ 3 |
5 | MPDR5201 Perencanaan dan Pembiayaan Pendidikan Dasar | lll.1 | MIPK5101 Perencanaan dan Pembiayaan Pendidikan (Edisi 2) | 2/ 3 |
6 | MPDR5202 Statistika Pendidikan | lll.2 | MPDR5202 Statistika Pendidikan (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ) | 2/ 3 |
7 | MPDR5203 Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif | lll.3 | MPDR5203 Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ) | 2/ 3 |
8 | MPDR5204 Difusi Inovasi Pendidikan | l.4 | MPDR5204 Difusi Inovasi Pendidikan (Edisi 1♦ atau Edisi 2 ♦♦ ) | 2/ 3 |
9 | MPDR5104 Evaluasi Program Pendidikan | ll.3 | MIPK5301 Evaluasi Program Pendidikan (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ) | 3/ 3 |
10 | MPDR5300 Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian | 99 | MPDR5300 Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ), PTAP5406 Panduan Penulisan Proposal dan TAPM (Edisi 3♦ atau Edisi 4♦♦ ), PTAP5400 Pedoman Ujian Sidang Program Pascasarjana (Edisi 4♦ atau Edisi 5♦♦ ), PTAP5401 Pedoman Bimbingan Tugas Akhir Program Magister (Edisi 3♦ atau Edisi 4♦♦ ) | 3/ 2 |
11 | MPDR5301 Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Dasar | lV.1 | MPDR5301 Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Dasar | 3/ 3 |
12 | MPDR5302 Studi Komparatif Pendidikan Dasar di Berbagai Negara | lV.2 | MPDR5302 Studi Komparatif Pendidikan Dasar di Berbagai Negara (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ) | 3/ 3 |
13 | . MPDR5400 TAPM/Tesis1) | 99 | 4/ 6 |
Total Paket/ Semester | |||
---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 |
13 | 12 | 11 | 6 |
Keterangan:
1) = Ujian Tesis/TAPM ditempuh setelah lulus semua mata kuliah dengan minimal IPK 3.10 dan nilai mata kuliah Metode Penelitian Pendidikan (MPDR5103) dan Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian (MPDR5300) minimal B dan nilai B- atau C maksimal 2 untuk mata kuliah lain.
Pada Kolom Nama Bahan Ajar:
- Jika tercantum hanya 1 edisi bahan ajar, maka bahan ajar yang digunakan berukuran A4.
-
Jika tercantum 2 edisi bahan ajar, maka bahan ajar yang digunakan hanya salah satu saja (ukuran A5 atau ukuran A4). Bahan ajar berukuran A5 maupun bahan ajar berukuran A4 isinya (konten) sama, namun ukurannya saja yang berbeda.
♦: Bahan ajar berukuran A5
♦♦: Bahan ajar berukuran A4