Visi

Program Magister Pendidikan Dasar menjadi penyelenggara pendidikan unggulan bidang ilmu pendidikan dasar jenjang magister melalui pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh, yang mampu bersaing pada tataran nasional.

Misi

Program Magister Pendidikan Dasar memiliki misi sebagai berikut.

Tujuan

Program Magister Pendidikan Dasar UT dilaksanakan untuk menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualifikasi akademik magister dalam pendidikan dasar, yang memiliki kompetensi sebagai berikut.

Profile Lulusan

Capaian Pembelajaran

Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa Program Magister Pendidikan Dasar memiliki kemampuan sebagai berikut.

Sikap

Pengetahuan

Keterampilan Umum

Keterampilan Khusus

Kurikulum Program Magister Pendidikan Dasar

Struktur kurikulum Program Magister Pendidikan Dasar sebagai berikut.

NoKode & Nama Mata KuliahWaktu UjianKode & Nama bahan Ajar yang DigunakanSemester/ SKS
1MPDR5101 Filsafat Pendidikan Dasarl.1MPDR5101 Filsafat Pendidikan Dasar (Edisi 1♦ atau Edisi 2 ♦♦ )1/ 3
2MPDR5102 Integrasi Teori dan Praktik Pembelajaranl.2MPDR5102 Integrasi Teori dan Praktik Pembelajaran (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )1/ 3
3MPDR5103 Metode Penelitian Pendidikanll.2MIPK5201 Metode Penelitian Pendidikan (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )1/ 4
4MPDR5105 Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasarl.3MPDR5105 Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )1/ 3
5MPDR5201 Perencanaan dan Pembiayaan Pendidikan Dasarlll.1MIPK5101 Perencanaan dan Pembiayaan Pendidikan (Edisi 2)2/ 3
6MPDR5202 Statistika Pendidikan lll.2MPDR5202 Statistika Pendidikan (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )2/ 3
7MPDR5203 Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif lll.3MPDR5203 Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ) 2/ 3
8MPDR5204 Difusi Inovasi Pendidikanl.4MPDR5204 Difusi Inovasi Pendidikan (Edisi 1♦ atau Edisi 2 ♦♦ )2/ 3
9MPDR5104 Evaluasi Program Pendidikanll.3MIPK5301 Evaluasi Program Pendidikan (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )3/ 3
10MPDR5300 Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian99MPDR5300 Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ ), PTAP5406 Panduan Penulisan Proposal dan TAPM (Edisi 3♦ atau Edisi 4♦♦ ), PTAP5400 Pedoman Ujian Sidang Program Pascasarjana (Edisi 4♦ atau Edisi 5♦♦ ), PTAP5401 Pedoman Bimbingan Tugas Akhir Program Magister (Edisi 3♦ atau Edisi 4♦♦ )3/ 2
11MPDR5301 Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan DasarlV.1MPDR5301 Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Dasar3/ 3
12MPDR5302 Studi Komparatif Pendidikan Dasar di Berbagai NegaralV.2MPDR5302 Studi Komparatif Pendidikan Dasar di Berbagai Negara (Edisi 1♦ atau Edisi 2♦♦ )3/ 3
13. MPDR5400 TAPM/Tesis1) 994/ 6
Total Paket/ Semester
1234
1312116

Keterangan:

1) = Ujian Tesis/TAPM ditempuh setelah lulus semua mata kuliah dengan minimal IPK 3.10 dan nilai mata kuliah Metode Penelitian Pendidikan (MPDR5103) dan Studi Mandiri dan Seminar Proposal Penelitian (MPDR5300) minimal B dan nilai B- atau C maksimal 2 untuk mata kuliah lain.

Pada Kolom Nama Bahan Ajar:

Bahan ajar non cetak (BANC) dalam bentuk multimedia sebagai pengayaan dapat diakses di www.p2bam.ut.ac.id/banc.