Skip to main content
x
seminar 1 2024

Seminar Akademik Kualitas SDM Sebagai Pilar Utama Pembangunan Kalimantan Selatan

Universitas Terbuka Banjarmasin pada hari Sabtu, 24 Februari 2024 di  Callamus Ballroom, Hotel Rattan Inn Banjarmasin menyelenggarakan seminar akademik dengan tema “Kualitas Sumber Daya Manusia sebagai Pilar Utama dalam Pembangunan Kalimantan Selatan di Masa Depan”. Adapun yang menjadi narasumber dalam seminar akademik ini Dr. Hary Supriadi, S.H., M.A.Widyaiswara Ahli Utama BPSDM Provinsi Kalimantan Selatan dan acara ini dipandu oleh Resa Sabrina Rahmayanti. Seminar akademik ini dihadiri oleh wisudawan Universitas Terbuka Banjarmasin. Seminar akademik ini dilaksanakan guna memberikan motivasi kepada wisudawan setelah lulus dari Universitas Terbuka untuk menjadi agen perubahan dengan cara menciptakan usaha dan kegiatan yang tidak hanya memiliki nilai ekonomi tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Pada saat sesi diskusi, para wisudawan dengan antusias menanggapi materi yang diberikan narasumber. Setelah acara diskusi berakhir dilanjutkan dengan sesi pemberian penghargaan kepada narasumber dan moderator.

Setelah dilaksanakan seminar akademik dilaksanakan juga penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama Universitas Terbuka Banjarmasin dengan mitra Universitas Terbuka Banjarmasin, diantaranya:

  • Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Kalimantan dengan perihal Peningkatan Mutu Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi;

  • SMAN 1 Angsana dengan perihal Penyediaan dan Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran, Sosialisasi dan Promosi;

  • PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap dengan perihal Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia serta Pelaksanaan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat;

  • Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan perihal Pemberian Beasiswa bagi Mahasiswa Program Strata 1 Pendidikan Guru PAUD dan Penyediaan Sarana Prasarana untuk Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan.

Setelah itu dilaksanakan pula pemberian penghargaan kepada mitra, diantaranya:

  • PT Arutmin Indonesia Tambang Satui sebagai Mitra Layanan Salut Gratis.

  • Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Kuala sebagai Mitra Pemberi Beasiswa Terbanyak.

Kerja sama dan pemberian penghargaan ini membuktikan bahwa Universitas Terbuka Banjarmasin ke depannya akan terus berkomitmen untuk berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga terus bersemangat untuk menjangkau yang tidak terjangkau membuat Universitas Terbuka Banjarmasin semakin gencar bekerja sama dengan berbagai institusi.  

Terakhir dilakukan gladi bersih agar pelaksanaan wisuda besok hari dapat berjalan lancar. Pada wisuda nanti sebanyak 505 calon wisudawan Universitas Terbuka akan mendapatkan gelarnya. Panitia menyampaikan kepada peserta mengenai tahapan dari acara wisuda yang akan dijalani beserta juga teknis mengenai wisuda secara keseluruhan.