Skip to main content
x

UT Banjarmasin Borong Kemenangan Pada Disporseni nasional UT Tahun 2023

Kegiatan  DISPORSENI Nasional Universitas Terbuka 2023 yang   merupakan   bagian   dari   rangkaian   kegiatan  Dies Natalis Ke-39 Universitas Terbuka ini berlangsung pada bulan 5 Juni – 29 Agustus 2023. Diskusi Ilmiah, Pekan Olah Raga, dan Seni Nasional Universitas Terbuka 2023 (DISPORSENI Nasional Universitas Terbuka 2023) adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang ilmiah, olahraga, dan seni, juga menjadi ajang pencarian bakat, minat, dan kreativitas mahasiswa.

Kegiatan yang dilakukan secara rutin oleh Universitas Terbuka setiap tahunnya ini, tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Universitas Terbuka saja, tetapi juga diikuti mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta dari berbagai daerah. Tahun ini, DISPORSENI Nasional Universitas Terbuka juga melibatkan partisipasi para siswa SMA/SMK/sederajat yang diundang oleh Universitas Terbuka di seluruh Indonesia. Dengan melibatkan berbagai perguruan tinggi dan SMA/SMK/sederajat, diharapkan dapat meningkatkan rasa kompetitif antarpeserta. Keterlibatan perguruan tinggi lain tersebut diharapkan juga menjadi ajang silaturahmi serta mempererat hubungan antarmahasiswa dan universitas. Sementara keterlibatan siswa SMA/SMK/sederajat diharapkan dapat memperkenalkan Universitas Terbuka di kalangan masyarakat.

Kegiatan ini melibatkan beberapa cabang perlombaan dan pertandingan yang terdiri dari Olimpiade Sains, Lomba Debat Bahasa Inggris, Lomba Debat Hukum, Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, Pertandingan Catur Online,  Pertandingan Mobile Legends, Lomba Seni Tari, Lomba Seni Suara, Lomba TikTok Edukatif, dan Lomba Tilawatil Qur’an. Khusus untuk SLTA/sederajat kegiatan dilakukan diantaranya Olimpiade Sains SMA, Lomba Debat Bahasa Inggris, Lomba Seni Tari dan Lomba Tik Tok Edukatif SMA, Pertandingan Tenis Meja dan Pertandingan Basket.

Para pemenang yang mengikuti kegiatan DISPORSENI Nasional Universitas Terbuka mendapatkan sertifikat, medali, dan uang tunai serta beasiswa. Adapun keberhasilan mahasiswa Universitas Terbuka Banjarmasin pada dari acara ini, diantaranya:

  • Juara 1 Lomba Catur yang berhasil didapatkan Ahmad Raihan pada program studi S1 Ilmu Hukum.

  • Juara 1 Lomba Olimpiade Sains Bidang Biologi yang berhasil didapatkan Maisyarah Dyah Utami pada program studi S1 Biologi dan Rahmat pada program studi S1 PGSD Masukan Sarjana.

  • Juara Harapan 1 Olimpiade Sains Bidang Matematika yang berhasil didapatkan Yudi Rahman pada program studi S1 Matematika dan Fitri pada program studi S1 Matematika.

  • Juara Harapan 1 Lomba Debat Bahasa Inggris yang berhasil didapatkan Habiburrahman Al Faribi pada program studi S1 Akuntansi dan M. Rizkan Nafarin pada program studi S1 Ilmu Hukum.

  • Juara 2 Lomba Seni Suara yang berhasil didapatkan oleh Muhammad Aldi pada program studi S1 Ilmu Administrasi Negara.

  • Kategori Individu Perolehan Emas Olimpiade Sains Bidang Biologi yang berhasil didapatkan Maisyarah Dyah Utami pada program studi S1 Biologi.
  • Kategori Individu Perolehan Perunggu Olimpiade Sains Bidang Matematika yang berhasil didapatkan Fitri pada program studi S1 Matematika.

Adapun siswa SLTA/ sederajat yang mengikuti acara ini diantaranya SMAN 5 Banjarmasin yang berpartisipasi dalam Olimpiade Sains Bidang Biologi dan Matematika serta SMKN 2 Banjarbaru yang berhasil mendapatkan juara harapan 3 dalam perlombaan UT Fashion Week dalam rangka Dies Natalis UT ke-39.  
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kompetitif antarpeserta mahasiswa UT dan perguruan tinggi lainnya serta SLTA/sederajat. Keterlibatan mahasiswa perguruan tinggi lain serta SLTA/sederajat tersebut diharapkan juga menjadi ajang silaturahmi serta mempererat hubungan antarmahasiswa dan universitas sekaligus juga ajang perkenalan UT kepada siswa SLTA/sederajat.