Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa Program Magister Pendidikan Dasar memiliki kemampuan sebagai berikut.
a. Kemampuan Kerja
- Mampu menganalisis masalah pada pendidikan dasar, mengidentifikasi pemecahan masalah serta melaksanakan pemecahan masalah dengan mempertimbangkan implikasinya pada pengelolaan.
- Mampu mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan interaktif di sekolah dasar dan sekolah menengah, berdasarkan pemahaman peserta didik
- Mampu mengembangkan media pembelajaran dalam berbagai format
(daring dan luring), dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. - Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui pendekatan riset inter atau multidisipliner.
- Mampu mengelola pembelajaran pada pendidikan dasar dengan mempertimbangkan keragaman kemampuan intelektual peserta didik.
- Mampu melakukan studi komparatif pendidikan dasar dari berbagai negara dan melakukan kegiatan kolaboratif secara kolegial/ kesejawatan dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pendidikan.
- Mampu mengevaluasi program pembelajaran pendidikan dasar secara komprehensif mencakup kurikulum, proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.
- Mampu memecahkan masalah pembelajaran dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
- Mampu melakukan penelitian tentang pendidikan dasar untuk mengembangkan pengetahuan dan menyebarluaskan hasil penelitian dalam berbagai forum.
- Mampu mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi ilmiah.
- Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan profesional.
- Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisiplin.
b. Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep filosofis pendidikan dasar, wawasan sistem pendidikan nasional serta teori dan praktik pembelajaran pada pendidikan dasar.
- Menguasai pengetahuan difusi dan inovasi pendidikan dasar.
- Menguasai pengetahuan tentang pengembangan pembelajaran yang inovatif dan interaktif serta analisis kurikulum pendidikan dasar.
- Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
- Menguasai pengelolaan pendidikan dasar termasuk dalam perencanaan dan
pembiayaan. - Menguasai pengetahuan untuk menganalisis perkembangan pendidikan dasar di Indonesia dan berbagai negara.
- Menguasai metode evaluasi program pendidikan dasar dan instrumentasi penilaian pembelajaran.
- Menguasai beragam metode penelitian pendidikan, baik pendekatan kuantitatif maupun kualitatif.
- Memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
- Mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.