Skip to main content
x

S2 Pendidikan Dasar

Teacher
Category
Level begin

Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa Program Magister Pendidikan Dasar memiliki kemampuan sebagai berikut.

a. Kemampuan Kerja

  1. Mampu menganalisis masalah pada pendidikan dasar, mengidentifikasi pemecahan masalah serta melaksanakan pemecahan masalah dengan mempertimbangkan implikasinya pada pengelolaan.
  2. Mampu mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan interaktif di sekolah dasar dan sekolah menengah, berdasarkan pemahaman peserta didik
  3. Mampu mengembangkan media pembelajaran dalam berbagai format
    (daring dan luring), dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
    sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.
  4. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui pendekatan riset inter atau multidisipliner.
  5. Mampu mengelola pembelajaran pada pendidikan dasar dengan mempertimbangkan keragaman kemampuan intelektual peserta didik.
  6. Mampu melakukan studi komparatif pendidikan dasar dari berbagai negara dan melakukan kegiatan kolaboratif secara kolegial/ kesejawatan dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pendidikan.
  7. Mampu mengevaluasi program pembelajaran pendidikan dasar secara komprehensif mencakup kurikulum, proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.
  8. Mampu memecahkan masalah pembelajaran dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  9. Mampu melakukan penelitian tentang pendidikan dasar untuk mengembangkan pengetahuan dan menyebarluaskan hasil penelitian dalam berbagai forum.
  10. Mampu mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi ilmiah.
  11. Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan profesional.
  12. Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisiplin.

b. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep filosofis pendidikan dasar, wawasan sistem pendidikan nasional serta teori dan praktik pembelajaran pada pendidikan dasar.
  2. Menguasai pengetahuan difusi dan inovasi pendidikan dasar.
  3. Menguasai pengetahuan tentang pengembangan pembelajaran yang inovatif dan interaktif serta analisis kurikulum pendidikan dasar.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  5. Menguasai pengelolaan pendidikan dasar termasuk dalam perencanaan dan
    pembiayaan.
  6. Menguasai pengetahuan untuk menganalisis perkembangan pendidikan dasar di Indonesia dan berbagai negara.
  7. Menguasai metode evaluasi program pendidikan dasar dan instrumentasi penilaian pembelajaran.
  8. Menguasai beragam metode penelitian pendidikan, baik pendekatan kuantitatif maupun kualitatif.
  9. Memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  10. Mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Lessons