Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa S2 Magister Pendidikan Matematika memiliki kemampuan sebagai berikut.
a. Kemampuan Kerja
- Mampu menganalisis masalah pendidikan matematika, mengidentifikasi pemecahan masalah, serta melaksanakan pemecahan masalah tersebut dengan mempertimbangkan implikasinya pada pengelolaan.
- Mampu mengembangkan rencana pembelajaran matematika yang inovatif, berdasarkan pemahaman peserta didik dan kontekstualisasi matematika.
- Mampu mengembangkan media pembelajaran matematika dan berbagai format (daring dan luring), dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
- Mampu mengelola pembelajaran matematika dengan mempertimbangkan keragaman kemampuan intelektual peserta didik.
- Mampu mengevaluasi program pembelajaran matematika secara komprehensif mencakup kurikulum, proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar.
- Mampu melakukan kegiatan kolaboratif secara kolegial/kesejawatan dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pendidikan.
- Mampu melakukan penelitian pendidikan matematika untuk mengembangkan pengetahuan matematika dan menyebarluaskan hasil penelitian dalam berbagai forum.
b. Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep filosofis pendidikan matematika, wawasan sistem pendidikan nasional, serta teori pembelajaran matematika.
- Menguasai pengetahuan tentang pengembangan dan analisis kurikulum pendidikan matematika.
- Menguasai pengetahuan tentang pengembangan media pembelajaran pendidikan matematika, dengan mempertimbangkan kemajuan teknologi.
- Menguasai pengetahuan tentang perkembangan pendidikan matematika dan ilmu matematika.
- Menguasai metode evaluasi program pendidikan matematika dan instrumentasi penilaian pembelajaran.
- Menguasai beragam metode penelitian pendidikan matematika, baik pendekatan kuantitatif maupun kualitatif.