Skip to main content
x

S2 Pendidikan Matematika

Teacher
Category
Level begin

Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa S2 Magister Pendidikan Matematika memiliki kemampuan sebagai berikut.
a. Kemampuan Kerja

  1. Mampu menganalisis masalah pendidikan matematika, mengidentifikasi pemecahan masalah, serta melaksanakan pemecahan masalah tersebut dengan mempertimbangkan implikasinya pada pengelolaan.
  2. Mampu mengembangkan rencana pembelajaran matematika yang inovatif, berdasarkan pemahaman peserta didik dan kontekstualisasi matematika.
  3. Mampu mengembangkan media pembelajaran matematika dan berbagai format (daring dan luring), dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
  4. Mampu mengelola pembelajaran matematika dengan mempertimbangkan keragaman kemampuan intelektual peserta didik.
  5. Mampu mengevaluasi program pembelajaran matematika secara komprehensif mencakup kurikulum, proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar.
  6. Mampu melakukan kegiatan kolaboratif secara kolegial/kesejawatan dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pendidikan.
  7. Mampu melakukan penelitian pendidikan matematika untuk mengembangkan pengetahuan matematika dan menyebarluaskan hasil penelitian dalam berbagai forum.


b. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep filosofis pendidikan matematika, wawasan sistem pendidikan nasional, serta teori pembelajaran matematika.
  2. Menguasai pengetahuan tentang pengembangan dan analisis kurikulum pendidikan matematika.
  3. Menguasai pengetahuan tentang pengembangan media pembelajaran pendidikan matematika, dengan mempertimbangkan kemajuan teknologi.
  4. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan pendidikan matematika dan ilmu matematika.
  5. Menguasai metode evaluasi program pendidikan matematika dan instrumentasi penilaian pembelajaran.
  6. Menguasai beragam metode penelitian pendidikan matematika, baik pendekatan kuantitatif maupun kualitatif.

Lessons